Pagi Ini Gunung Merapi Keluarkan Guguran Lava Pijar 6 Kali
Gunung Merapi (Antara)

Bagikan:

Senin pagi, 1 Februari, Gunung Merapi mengeluarkan guguran lava pijar. Jarak luncurnya mencapai 700 meter. Informasi tersebut berdasarkan data Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

Menurut Hanik Humaida, Kepala BPPTKG, gunung yang berada di dua provinsi, yaitu provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu meluncurkan lava pijar sebanyak 6 kali.

Arah gururan tersebut adalah barat daya, yaitu hulu Kali Krasak dan Boyong. Guguran lava terjadi sejak pukul 00.00 WIB hingga 06.00 WIB.

Menurut BPPTKG, selama periode pengamatan itu Gunung Merapi juga mengalami 11 kali gempa guguran dengan amplitudo 4—35 mm selama 15—55 detik dan dua kali gempa fase banyak dengan amplitudo 3—4 mm selama 5.48—5.88 detik.

Asap kawah tidak teramati keluar dari puncak kawah Gunung Merapi, yang selama periode pengamatan dinaungi awan mendung dan diliputi angin yang bertiup lemah hingga sedang ke arah timur.

Hingga saat ini, status Gunung Merapi masih pada Level III atau Siaga. Maksud dari status yang diberikan oleh BPPTKG ini adalah memiliki potensi bahaya akibat letusan yang diperkirakan maksimal radius lima kilometer dari puncak gunung.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!