Ragam Makanan Khas Jawa Tengah Penggoyang Lidah
Sego gandul (perpus.jatengprov.go.id)

Bagikan:

Jawa Tengah tak hanya terkenal dengan berbagai situs kuno seperti Candi Borobudur, tetapi juga kuliner yang menggugah selera. Berbagai jenis rasa dimiliki masakan khas Jawa Tengah, baik manis, gurih, maupun pedas.

Saat melakukan perjalanan wisata ke Jawa Tengah, sisihkan waktu sejenak untuk mencicipi sajian khas daerah tersebut. Jenis makanan khas Jawa Tengah ada banyak, untuk mempermudah, berikut beberapa makanan yang bisa kamu catat.

4 Makanan khas Jawa Tengah untuk lengkapi liburan

1.      Garang asem

Makanan ini berbahan dasar daging ayam. Cara memasakknya, ayam tersebut dibungkus menggunakan daun pisang, kemudian dimasak dengan santan.

Rasa yang dimiliki garang asem cukup pedas dan asam. Sensasi segar dan sedikit terbakar membuat selera makan makin tergugah. Lauk yang bisa disandingkan dengan makanan ini, antara lain tempe goreng atau perkedel.

2.      Nasi liwet

Makanan ini ada pula di provinsi tetangga. Nasi liwet memiliki rasa yang gurih. Nasi hangat yang diberi potongaan atau suwiran daging ayam disiram dengan sayur labu siam. Cara memasak nasi ini tak berbeda jauh dengan pemasakan nasi uduk.

3.      Sego godhog

Sego godhog atau dalam bahasa Indonesia disebut ‘nasi rebus’ memiliki bumbu yang tak jauh berbeda dengan bakmi godhog atau ‘mi rebus’ khas Jawa. Namun, isian yang dominan adalah nasi.

Dalam satu porsi sego godhog biasanya ada nasi suwiran daging ayam, bihun, telur, sayuran, dan kuah kaldu. Salah satu tempat yang paling mudah untuk menemukan makanan ini adalah Magelang.

4.      Nasi gandul

Nasi gandul tak jarang disebut sebagai nasi uduk dan disajikan dengan daun pisang. Rasa yang dominan dari makanan khas Jawa Tengah ini adalah gurih.

Nasi gandul biasanya disajikan dengan tambahan daging sapi. Dalam memasak nasi gandul, daun pandan biasanya dimasukkan juga sehingga memberikan aroma yang wangi pada masakan.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!