Pemandangan Indah, Kemenhub Sebut Jalur Selatan Jawa Layak Jadi Alternatif Rute Mudik
Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono saat memberikan arahan pada peninjauan jalur mudik Pantai Selatan Jawa/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Djoko Sasono memastikan bahwa jalur pantai selatan (pansela) Jawa layak menjadi alternatif rute mudik.

Hal tersebut ia sampaikan usai melakukan perjalanan langsung selama dua hari mulai dari Jakarta menuju Cileunyi, Nagreg, Banjar, Pangandaran, Cilacap, hingga Wates. Kemudian dari Yogyakarta menuju Wonogiri, Pacitan, hingga Kediri, Jawa Timur.

Dari hasil pemantauannya, Djoko menyampaikan bahwa jalur selatan Jawa cukup memadai sebagai jalur alternatif untuk dilalui pemudik.

"Setelah kita selesaikan etape terakhir, jalan pantai selatan Jawa memadai untuk jalur mudik atau hampir 100 persen mantap," katanya di sela tinjauannya, Kamis 21 April.

Selain infrastruktur jalan yang baik, Djoko menilai jalur selatan Jawa ini memiliki ragam kuliner yang cukup banyak.

"Pemandangan bagus dan pilihan-pilihan seandainya masyarakat ingin wisata kuliner itu dimungkinkan," ujarnya dikutip Antara.

Ia berharap dengan infrastruktur jalan yang baik, ditambah dengan fasilitas penunjang yang memadai ini, dapat mendukung kelancaran arus mudik masyarakat.

Djoko juga mengimbau pihak-pihak terkait dapat menambah kelengkapan informasi yang semakin memudahkan para pemudik.

"Semoga dengan waktu yang ada ini, kelengkapan informasi bisa segera ditambahkan sehingga masyarakat bisa melakukan perjalanan tanpa perlu ragu untuk melalui rute ini," pungkasnya.