Hary Tanoesoedibjo Berencana Bangun Sirkuit MotoGP, Ini Alasannya
Hary Tanoesoedibjo (Antara)

Bagikan:

Hary Tanoesoedibjo punya keinginan membangun sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Lido, Provinsi Jawa Barat. Proyek tersebut nantinya akan melengkapi proyek Executive Chairman MNC Group. Sebelumnya, bos MNC Group itu juga ingin membuat proyek berupa taman tematik yang setara dengan Disneyland dan Universal Studio.

"Kami berencana memiliki sirkuit MotoGP. Saya juga berencana pindah ke sana, saya ingin," ungkap Hary Tanoe, Selasa, 2 Maret.

Hary Tanoe ingin membuat proyek tersebut bukan tanpa alasan. Menurutnya, Sirkuit Sepang di Malaysia sebagian penontonnya merupakan masyarakat Indonesia. Jumlahnya bahkan mencapai 50 persen.

"Orang Indonesia suka balap motor, sekitar 50 ribu menonton balapan di Sepang Malaysia. Nah, sekitar 50 persennya dari Indonesia," jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjut Hary, ia akan menawarkan pembangunan sirkuit MotoGP di Lido kepada para investor. Minat masyarakat Indonesia yang besar terhadap olahraga balap sepeda motor akan dijadikan kartu as untuk merayu investor.

MNC Lido City menjadi KEK Pawiwisata sehingga berikan kemudahan perizinan

Seperti diketahui, MNC Lido City mendapatkan persetujuan dari Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus sebagai KEK Pariwisata. Status tersebut membuat badan usaha dan pelaku usaha di kawasan MNC Lido City memiliki kemudahan dalam hal perizinan, termasuk rencana membangun taman bermain sekelas Disneyland dan Universal Studio.

Badan usaha dan pelaku usaha di kawasan MNC Lido City juga bisa menikmati banyak kemudahan dan fasilitas insentif perpajakan sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 237/PMK.010/2020, misalnya diberikannya insentif pajak penghasilan; pajak pertambahan nilai dan pajak penjualan atas barang mewah; bea masuk dan pajak dalam rangka impor; cukai; serta berbagai kemudahan perizinan yang lain.

MNC Lido City saat ini sedang mengembangkan kawasan hunian, komersial, destinasi wisata, dan resort terintegrasi yang memiliki luas 3.000 hektare. Lokasinya ada di Lido, Jawa Barat, berbatasan dengan DKI Jakarta dan Banten.

Berlokasi sekitar 60 kilometer dari Jakarta, MNC Lido City bisa dicapai langsung melalui Tol Bocimi dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam dari Jakarta.

Perseroan juga bekerjasama dengan pemerintah untuk membangun transit-oriented development (TOD) sebagai sarana transportasi publik tambahan. Di tengah-tengah MNC World Lido akan berdiri MNC Park, theme park kelas dunia pertama di Indonesia dengan teknologi canggih, menampilkan berbagai wahana, pertunjukan, dan atraksi.

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!